Ini Alasan Musik Jadi ‘Backsound’ Departement Store

IDEANDSPIRATION – Pernahkah kamu sadari mengapa ketika masuk ke department store atau supermarket, kita selalu disuguhi musik yang sengaja diputar sebagai latar belakang? Ternyata musik ini tidak hanya untuk membuat situasi toko menjadi ceria dan tidak sunyi saja, loh.

Dilansir dari Psychology Today, musik ini terbukti secara ilmiah memengaruhi perilaku berbelanja seseorang. Berikut penjelasannya.

Musik membuat pembeli makin betah

Sebuah pendapat menyatakan, pelanggan dari sebuah department store akan bertahan 20 persen lebih lama di sebuah toko, ketika mereka diperdengarkan musik. Hal ini terjadi karena musik disebut mampu membuat seseorang merasa lebih santai dan mengubah mood yang mereka miliki menjadi lebih baik.

Asal musik menentukan barang yang dibeli

shopping 3 ideandspiration
© Huffington Post

Berdasar dari penelitian yang dilakukan seorang psikolog bernama Adrian North, bahasa musik yang diputar dapat mempengaruhi barang yang dibeli seseorang. Sebagai contoh, penelitian terhadap sebuah toko wine, membuktikan seseorang lebih condong memilih wine dari Prancis ketika sedang diputar lagu Prancis. Hal yang sama juga terjadi dengan musik asal Jerman.

Memengaruhi lidah seseorang ketika menyicipi

Saat seseorang menyicipi sebuah wine, ternyata rasa anggur dipengaruhi dari musik yang sedang diperdengarkan. Tidak disangka ya, Inspirers!

Musik klasik membuat pelanggan bertahan lebih lama

shopping ideandspiration
©Tourism Vancouver

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris membuktikan, musik klasik dapat membuat seseorang bertahan lebih lama di restoran atau pun departement store. Pelanggan yang bertahan lebih lama juga cenderung menghabiskan makanan dan minuman lebih banyak ketika musik klasik yang dimainkan di tempat tersebut.

Meningkatkan penilaian terhadap suatu tempat

shopping 2 ideandsapiration
©Miami and The Beaches

Sebuah penelitian yang membandingkan kondisi sebuah bar tanpa musik dan dengan musik menyimpulkan, ini akan memengaruhi penilaian seseorang terhadap tempat tersebut. Penilaian seseorang terhadap sebuah bar akan menjadi meningkat dan menganggapnya nyaman ketika terdapat lagu, terutama dengan irama yang santai dan diputar di tempat tersebut.

Itulah lima alasan ilmiah mengapa tempat umum seperti restoran dan department store memutar musik sebagai pendukung aktivitas bisnis mereka. Jika kamu memiliki toko dan restoran, mungkin cara tersebut dapat kamu aplikasikan. (mer/nei)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s