Wow, Mangga Jadi Alat Kontrasepsi Alami!

IDEANDSPIRATION – Kamu telah mengenal berbagai macam alat kontrasepsi. Mulai dari jenis pil KB (Keluarga Berencana), pemasangan KB spiral, hingga yang sederhana dengan menggunakan kondom. Masing-masing punya kelebihan, sehingga pemilihannya tergantung dari kecocokan si individu.

Bahkan muncul kabar terbaru dari para ilmuwan dari University of California, Berkeley, kita tidak perlu menggunakan alat-alat tersebut karena buah mangga terbukti memiliki kandungan yang setara sebagai alat kontrasepsi loh, Inspirers. Kandungan ini berupa senyawa yang dapat bereaksi untuk menghentikan sperma yang hiperaktif.

ideandspiration senyawa mangga
Senyawa dalam mangga efektif menjadi kontrasepsi alami ©www.mango.co.za

Para peneliti tersebut berhasil menemukan senyawa tersembunyi dalam buah kaya vitamin tersebut melalui rangkaian percobaan. Senyawa itu adalah Pristimerin dan Lupeol, yang mana jika digabungkan, mereka akan bereaksi menjadi senyawa ampuh untuk menutup jalan sperma ke arah sel telur.

Sperma yang dikenai gabungan senyawa pristimerin dan lupeol akan mengurangi kereaktivan dari sperma dalam mencari sel telur. Dengan demikian, sperma akan sulit menemukan sel telur dan proses pembuahan tidak akan terjadi. Senyawa kontraseptif alami ini disebut sebagai ‘kondom molekuler’, karena bekerja di level molekul dalam tubuh.

Buah mangga yang sangat mudah kita jumpai, membuat alat kontrasepsi baru ini juga mudah diaplikasikan dan tentunya sangat menyenangkan. Sebab, tidak perlu ribet dengan memasang alat-alat yang menakutkan, hingga meminum pil yang rasanya pun tidak enak. Rasa buah yang manis malah membikin kita jadi betah mengonsumsi banyak-banyak tanpa takut efeknya terhadap hormon maupun tubuh.

Kondom menjadi salah satu alat kontrasepsi yang digemari ©cdn.skim.gs

Alat kontrasepsi alami ini juga berlaku universal, berlaku untuk pria ataupun wanita. Tidak seperti sebelumnya, bahwa kebanyakan alat kontrasepsi memang lebih ditujukan dan diaplikasikan kepada sang wanita.

Buah juga dapat dikonsumsi kapan saja, tapi waktu yang paling efektif adalah enam jam sebelum dan sesudah beraktivitas seksual. Nah, selain dalam buah mangga, senyawa lupeol ini juga dapat kamu temukan dalam berbagai dosis di lidah buaya dan akar dandelion.

ideandspiration mangga 1
Mangga tidak menimbulkan efek samping Maupun gangguan hormonal ©www.seriouseats.com

“Jika bisa memilih untuk menggunakan senyawa yang berbasis herbal, tak mengandung racun, dan tanpa efek yang mengganggu sistem hormonal untuk mencegah kehamilan, kenapa tidak?” – Polina Lishko, Asisten Profesor untuk Department of Molecular and Cell Biology, University of California, Berkeley.

Hasil penelitian ini belum final, karena membutuhkan riset lanjutan. Namun hasil bahwa dua senyawa dalam buah mangga dapat dijadikan alat kontrasepsi ini telah menggemparkan dunia kan, Inspirers. Kita tunggu saja ya kabar baik selanjutnya. (hip/nei)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s