Olahan Fermentasi Asal Korea Ini Bikin Dietmu Sukses!

IDEANDSPIRATION – Bagi kamu pecinta drama Korea, pastinya sudah tidak asing dengan macam-macam kulinernya. Ternyata tidak hanya sedap dari rasanya Inspirers, beberapa makanan tradisional Korea juga bisa digunakan untuk diet atau melawan obesitas loh.

Kebanyakan makanan asal Negeri Ginseng ini melibatkan proses fermentasi, yang mana prosesnya akan membuat makanan lebih sehat untuk dikonsumsi. Makanan yang diolah secara fermentasi memiliki banyak manfaat, seperti

  • Menambah kandungan nutrisi
  • Memperlancar pencernaan
  • Makanan jadi lebih lezat
  • Mudah dicerna oleh tubuh
  • Membantu mencegah organisme patogen masuk ke tubuh
  • Membantu pertumbuhan bakteri sehat
  • Makanan lebih tahan terhadap bakteri
  • Menambah masa kedaluwarsa dari makanan

Makanan berfermentasi dari Korea ini pertama kali dikenalkan oleh praktisi spiritual di masa kuno. Para praktisi ini menunjukkan sejumlah cara sehat kepada masyarakat kala itu bagaimana mengolah makanan.

ideandspiration bibimbap recipe
Bahan-bahan sayuran segar ©d3i1keblrejksc.cloudfront.ne

Nah, cara ini berlanjut turun-termurun sampai sekarang, Inspirers. Terbukti secara statistik, Korea Selatan berhasil mencetak angka obesitas sebesar tiga persen loh, dibanding Amerika yang ada di angka 30 persen. Angka obesitas mengukur persentasi indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI) seseorang dengan berat badan lebih dari 30 kilogram untuk tiap meter persegi.

Jadi jangan heran ya jika kamu lihat masyarakat Korea tubuhnya langsing dan kulitnya juga sehat. Sejak kecil, mereka sudah dikenalkan cara mengolah makanan dengan baik, sehingga dampaknya juga oke untuk tubuh. Inilah lima makanan Korea yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Kimchi

ideandspiration kimchi korea
Kimchi ©d3pah2c10lnl36.cloudfront.net

Makanan yang diolah secara fermentasi ini jadi salah satu yang paling sehat di dunia. Dibuat dari sayuran, kimchi dibumbui dengan bubuk cabai merah Korea, saus ikan, daun bawang, bawang bombay, jahe, kaldu ikan teri, udang, bubuk beras, buah pir Korea, dan juga bawang putih. Sayuran yang digunakan biasanya kubis atau lobak.

Kimchi sendiri banyak manfaatnya, yaitu:

  • Mengandung banyak protein; mineral seperti kalsium; beta karotin; vitamin A, B1, B2, dan C
  • Mengandung bakteri sehat yang dapat menyerang bakteri jahat di tubuh
  • Menyerang sejumlah virus dalam tubuh
  • Menghancurkan lemak, cocok untuk diet
ideandspiration kimchijeon
Pancake kimchi ©4.bp.blogspot.com

Tidak hanya sendiri, kimchi biasanya dikonsumsi dengan makanan lain. Banyak juga olahan kimchi yang tidak kalah lezatnya, seperti nasi goreng kimchi atau Kimchi Bokkeumbap, kimchi rebus atau Kimchi Jjigae, pancake kimchi atau Kimchijeon, dan nasi sup kimchi atau Kimchi Gukbap.

Doenjang

Dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi, Doenjang punya rasa yang sangat kuat. Makanan sehat ini mengandung sejumlah isoflavone, yakni zat yang banyak terkandung pada kacang kedelai dan punya banyak manfaat untuk tubuh.

ideandspiration doenjang
Doenjang ©youtube.com

Beberapa manfaatnya seperti,

  • Meredakan gejala menopaus
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Melawan komplikasi prostat
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mengurangi risiko kanker dari asam folat
  • Mengandung antioksidan alami, asam nukleat, dan lesitin

Doenjang juga dikenal dengan kemampuannya mencegah usus untuk menyerap kolesterol, menekan tekanan darah tinggi, dan membantu memulihkan kerusakan hati, Inspirers.

Bibimbap

ideandspiration bibimbap
Bibimbap ©fthmb.tqn.com

Makanan ini juga tidak kalah terkenal dengan kimchi ya. Bibimbap punya lima bahan dasar utama, yaitu daging, nasi, sayuran, ikan, rumput laut, dan telur. Makanannya memang tinggi kalori, tapi ternyata bahan-bahannya rendah lemak, loh.

Zat tepung dalam bibimbap bukanlah digoreng dan lemak yang ada adalah lemak dari sayuran yang telah diolah sedemikian rupa. Setelah mengonsumsi bibimbap, kamu akan merasa kenyang cukup lama. Dengan begitu, rasa lapar juga dapat ditahan.

Gochujang

ideandspiration gochujang
Saus gochujang ©sbs.com.au

Mengonsumsi makanan ini akan membuat kamu sehat. Bagaimana tidak, gochujang dibuat dari bahan-bahan menyehatkan yang dapat mempercepat metabolisme tubuh. Yaitu pasta yang sudah difermentasi, dicampur dengan cabai merah, kacang kedelai, nasi, dan garam.

Bumbu gochujang mengandung protein yang dapat mengurangi lemak dengan baik, seperti pada vitamin B2 dan C. Selain itu, makanan ini juga rendah lemak sekaligus kalori. Gochujang juga praktis, karena kamu bisa mencampurkannya dengan apa saja seperti daging dan sayuran.

Teh Korea

ideandspiration yujacha korean citrus tea
Teh citrus Korea ©duabroad.files.wordpress.com

Selain makanan, kamu juga harus coba minuman sehat asal negeri K-Pop ini. Seperti teh lainnya, teh Korea melancakan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak hanya teh hijau, orang Korea punya banyak jenis teh. Mulai dari teh ginseng, teh jarum pinus, dan teh dari buah-buahan yang sudah dikeringkan, seperti jeruk, aloe vera, dan resberri.

ideandspiration yujacha
Yujacha atau teh buah kering Korea ©Lelong.my

Semua jenis teh tersebut mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk mencegah proses penuaan, membantu meredakan demam dan flu, meredakan sakit otot, dan meningkatkan penglihatan. Kamu bisa menemukan berbagai makanan olahan tersebut di sejumlah restoran Korea.

Saat ini sudah menjamur restoran ala-ala Korea untuk memenuhi hasrat kuliner para penggemar drama-K. Sebagian besar restoran tersebut sudah mengubah rasa aslinya agar sesuai dengan lidah orang Indonesia, yakni dengan mengganti bahan rempahnya.

Kalau kamu ingin mencoba olahan yang benar-benar asli, biasanya memang lebih mahal dari segi harga. Kehalalannya pun perlu ditanyakan terlebih dahulu agar kamu dapat mengonsumsinya dengan tenang. Atau kamu berniat untuk membuatnya sendiri di rumah? (clb/nei)

Baca Juga: Makan di Depan Cermin Bisa Turunkan Berat Badan, Loh!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s